Usai Wawancara Kerja, Budayakan Ucapkan Terima Kasih

Admin,
11 Januari 2022 - 5:6

Menurut penelitian Careerbuilder, 57% orang diwawancarai tidak mengirimkan ucapan terima kasih setelah proses interview. Mengucapkan frasa tersebut cukup baik karena tidak mengurangi peluang untuk mendapatkan pekerjaan. Justru sebaliknya, akan memberikan kesan tersendiri.

  • Nilai terima kasih

Mungkin sebagian berpikir bila menulis surat elektronik atau pesan terima kasih adalah kegiatan yang membuang-buang waktu. Toh proses wawancara sudah selesai, entah bagaimana hasilnya. Namun demikian, sikap serta attitude juga turut dinilai.

Melalui survei Careerbuilder menunjukkan bahwa 22% perusahaan mempekerjakan karyawan yang tidak mengucapkan terima kasih saat proses wawancara. Sedangkan menuru Accountemps, 91% perusahaan suka dengan ucapan terima kasih.

Hal tersebut justru akan memberikan kesan hormat kepada pewawancara. Di samping itu juga menunjukkan pemahaman tentang sikap profesional dan sopan. Mereka juga menilai Anda tertarik dengan posisi serta perusahaan yang dilamat.

  • Metode mengucapkan terima kasih

Kini ada banyak cara untuk berkomunikasi satu sama lain. Jika mengirimkan surat secara fisik kurang hemat waktu, bisa mengirimkan ucapan terima kasih melalui email. Surat elektronik dapat diterima oleh hampir 90% perusahaan.

Lebih cepatnya, ketahui nomor telepon para pewawancara untuk kemudian mengirimkan melalui media sosial, mulai dari WhatsApp, Direct Message Instagram hingga pesan Facebook. Yang terpenting adalah bagaimana caranya merangkai kara sesopan mungkin agar ucapakan terima kasih bisa diterima.

Budaya terima kasih kini sudah mulai ditinggalkan. Cara ini juga bisa menjadi momen Anda untuk dekat dengan pewawancara, sehingga semakin besar peluang diterima. Selamat mencari pekerjaan!

 

 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp