Trik Taklukkan Wawancara Kerja Hingga Negosiasi Gaji di Dubai

Indonesia Satu Manajemen,
16 Mei 2022 - 2:46

Bekerja di Dubai memberikan banyak pengalaman berharga. Kota ini menyediakan beragam industri baik bagi pekerja lokal maupun asing. Di samping itu juga perbedaan budaya baik lingkungan maupun di tempat kerja akan menjadi pelajaran berharga.

Sama halnya dengan di negara manapun, sebelum mulai kerja, kandidat harus melalui proses wawancara terlebih dahulu. Apa yang perlu dipersiapkan agar saat hari itu lancar tanpa gugup sama sekali?

  • Ikuti etiket wawancara

Sebagaimana yang diterapkan pada proses interview pada umumnya. Kandidat harus berpakaian rapi, membawa CV sempurna dan menyiapkan jawaban yang bagus untuk menaklukkan setiap pertanyaan. Namun itu semua akan lebih baik bila dilengkapi dengan etika.

Ini termasuk bagaimana Anda berbicara, berperilaku dan kebiasaan lain yang diperlukan untuk membuat tim rekuitmen terkesan. Pada kenyataannya, mereka telah menilai kandidat sejak memasuki ruangan. Satu yang perlu dicatat yakni, meskipun berjabat tangan penting, tetapi di negara Islam tidak pantas memulai kepada lawan jenis. Oleh karena itu harus menunggu lawan, apakah menawarkan jabat tangan lebih dulu atau sebaliknya.

Di negara Arab, budaya yang biasa ditemui saat proses wawancara yakni, kandidat akan ditawari kopi, teh, atau air. Anda harus menerimanya karena dianggap tidak sopan bila menolak.

  • Tambahkan keterampilan

Analisis pasar kerja di industri membutuhkan pekerja yang memiliki keterampilan. Maka dari itu, tambahkan sertifikasi atau kursus tambahan yang membuat kandidat cocok dengan pekerjaan itu.

Kemudian, pelajari bahasan tamabahan, sehingga menambah kresidensial pada CV. Dalam hal ini, belajar Bahasa Arab memberikan keunggulan dibanding pesaing, terutama dalam peran pekerjaan yang mengharuskan bertemu banyak orang.

  • Pelajari seni negosiasi gaji

Ini merupakan pilihan terakhir bila pewawancara telah menerima calon tenaga kerja dan mereka membuka soal upah. Di sinilah pentingnya negosiasi gaji.

Langkah itu melibatkan analisis pasar kerja yang tepat untuk memahami nilai. Ketika meminta gaji lebih dari harga pasar tetapi hanya menerima sedikit, maka akan menurunkan kinerja.

 

Dengan melakukan persiapan matang, proses interview bisa dilalui dengan baik dan lancar. Semoga bermanfaat!  

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp