Tips Buat Surat Pengantar Bekerja ke Qatar

Indonesia Satu Manajemen,
14 Mei 2022 - 18:30

Mencari pekerjaan sama halnya dengan belajar banyak hal. Mulai dari bagaimana menulis surat lamaran, curiculum vitae, surat pengantar, tata cara wawancara hingga mempelajari soal tes. Kendati demikian, apabila menikmati semua prosesnya akan merasa bersyukur karena mendapatkan ilmu baru. Terlebih bila akhirnya diterima di perusahaan yang diidamkan.

Salah satu negara yang membuka lowongan pekerjaan berbagai bidang untuk tenaga kerja asing ialah Qatar. Negara tersebut terbuka bagi siapapun yang ingin belajar hal baru juga menyediakan kesempatan karir cemerlang di masa depan.

Nah, untuk tembus kerja di sana, sebagian besar perusahaan meminta surat pengantar. Jika curiculum vitae menawarkan sekilas tentang detail keterampilan dan pengalaman, cover letter adalah cara terbaik untuk membedakan diri dengan kandidat lain. Mau tahu bagaimana struktur kepenulisannya?

  • Pembukaan surat pengantar

Surat pengantar harus dimulai dengan tajuk. Kemudian bubuhkan alamat pengirim dan alamat penerima, beserta tanggalnya. Mulailah dengan pembukaan yang bagus dan mengirimkan kepada orang yang tepat, misalnya tim tekruitmen atau bagian HRD. Atau jika tidak menemukan kata yang tepat, bisa menggunakan opening umum, “Kepada Bapak/Ibu”.

  • Alasan menulis melamar pekerjaan

Tidak kalah penting saat menuliskan surat pengantar yang baik yakni mengatapan mengapa Anda menulis dan posisi apa yang dilamar. Selanjutnya, pada bagian tubuh harus menjelaskan alasan tertarik dengan pekerjaan tersebut.

Cobalah memasukkan tiga atau empat contoh keterampilan atau kualifikasi terkait. Lanjutkan dengan mengapa skill serta latar belakang pendidikan sesuai dengan posisi yang dilamar. Selain itu, beri pernyataan yang berbunyi bersedia menantikan proses seleksi dan wawancara.

Surat pengantar tidak boleh lebih dari satu halaman. Biasanya terdiri dari tiga atau empat paragraf. Tidak ketinggalan pula untuk menyesuaikan setiap surat dengan pekerjaan yang dilamar.

Surat pengantar atau yang biasa dikenal dengan cover letter intinya berisikan informasi umum tentang skill, hubungan posisi yang dilamar dengan keterampilan, serta penjabaran mengenai diri yang sifatnya promosi. Oleh sebab itu, pilih kata dan kalimat tepat agar mudah dimengerti.

 

 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp