Tetap Sehat Meski Kerjaan Mengharuskan Duduk Seharian

Indonesia Satu Manajemen,
10 Mei 2022 - 20:39

Beberapa sumber sering membahas tentang keseimbangan hidup. Dimana mereka membicarakan tentang pekerjaan dengan waktu istirahat yang dibutuhkan. Apalagi untuk pekerja kantoran yang hampir waktunya dihabiskan di depan komputer. Mereka harus duduk lebih dari 8 jam dalam menyelesaikan tugas yang terus menumpuk. Lebih parah lagi ketika perusahaan memberlakukan jam lembur. Bahkan tidak memberi jatah cuti yang cukup.

Kondisi ini tentu saja membuat karyawan mudah stres. Sedangkan secara bersamaan penelitian mengungkap bahwa stres menjadi pemicu dari datangnya berbagai penyakit. Terus bagaimana cara untuk tetap sehat meski kerjaan tidak mendukung? Berikut tips sederhana yang bisa Anda lakukan:

Berbaiki posisi duduk

Selama 8 jam atau lebih usahakan Anda tidak duduk dengan posisi sama. Ketika perubahan posisi tidak memungkinkan. Maka langkah yang harus dilakukan adalah setidaknya mengerakan badan. Buat tubuh serilex mungkin dengan posisi yang Anda pilih.

Pilih kursi yang benar

Berikutnya usahakan untuk memilih bentukan kursi yang benar. Pilih kursi yang mampu menopang punggung dengan benar. Selain itu, Anda juga wajib mengusahakan untuk tidak duduk dalam keadaan membungkuk.

Memberi jeda

Anda harus pandai membaca kondisi tubuh. Ketika sudah dirasa lelah. Beri jeda tubuh untuk istirahat. Jangan sampai memaksakan kehendak karena bakal berakibat pada kesehatan.

Peregangan

Beberapa sumber menyatakan bahwa kelamaan duduk mengakibatkan banyak masalah kesehatan. Sehingga, buatlah tubuh untuk tidak kaku dengan melakukan perengangan ringan.

 

 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp