Sulit Mengurus Visa Kerja? Kantongi 4 Kunci Mudahnya Berikut

Indonesia Satu Manajemen,
14 Januari 2022 - 17:9

Sebelum memutuskan bekerja di luar negeri, salah satu persayaratan yang harus dipenuhi adalah visa kerja. Ialah dokumen yang dikeluarkan oleh negara yang berfungsi sebagai izin bekerja dalam periode tertentu.

Berbeda dengan paspor, ada beragam jenis visa yang dibedakan berdasarkan fungsinya, seperti untuk studi, bekerja, maupun kunjungan wisata. Jika Anda akan berangkat keluar negeri untuk bekerja, maka ketahui dulu bagaimana mengurus dokumen penting ini!

  • Persiapkan berkas

Pengajuan visa membutuhkan dokumen-dokumen penting. Apabila persyaratan ini tidak terpenuhi maka pengaju gagal mendapatkannya. Karena proses pembuatan memakan waktu yang tidak sebentar, sebaiknya penuhi semua yang diperlukan untuk memperlancar proses.

  • Syarat masing-masing negara

Penting memutuskan dengan matang di negara manakah Anda akan bekerja. Sebab masing-masing negara memiliki syarat pembuatan visa kerja yang berbeda-beda. Dalam hal ini, pantau detail persyaratan di situs resmi kedutaan atau lembaga imigrasi.

  • Waktu pembuatan

Visa kerja merupakan dokumen utama untuk ingin bekerja di luar negeri. Namun demikian, proses pembuatan biasanya membutuhkan waktu 7-8 hari jika dokumen persyaratan benar-benar lengkap. Kemungkinan lebih lama apabila ada permasalahan tertentu atau ketidak lengkapan berkas. Oleh sebab itu, rencanakan pembuatan sejak jauh-jauh hari.

  • Dapatkan surat keterangan perusahaan

Pembuatan visa kerja akan jauh lebih mudah bila telah mendapatkan surat keterangan diterima atau sudah bekerja di suatu perusahaan. Maka dari itu, penting menemukan tempat kerja yang bertanggung jawab atas diri. Jika demikian, maka semuanya berjalan dengan lancar.

Perencanaan yang baik dan teliti memudahkan pengaju dalam kepengurusan visa kerja. Pastikan agar semuanya lengkap dan asli agar mengurus lebih cepat dan mudah. 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp