Soft Skill yang Wajib Dimiliki Pekerja di Era Modern

Indonesia Satu Manajemen,
13 Mei 2022 - 17:15

Soft skill menjadi nilai tambah yang sangat berdampak bagi calon pekerja. Kemampuan inilah yang biasanya menarik perhatian perusahaan. Tepat, sehingga ketika sebagai orang mengatakan bahwa sekarang yang dibutukan adalah pengalaman. Asumsi ini tidak benar ataupun salah sepenuhnya. Sebab,  memang pada kenyataanya terdapat perusahaan yang memang tak membutuhkan ijazah. Mereka lebih menitik beratkan pada apa yang Anda miliki untuk memajukan perusahaan. Konsep ini yang kemudian membuat penguasaan soft skill menjadi standar utama bahkan tertinggi. Nah, apa saja skill yang harus Anda miliki di era modern seperti sekarang? Berikut penjelasan singkatnya:

Penentukan solusi

Kemampuan yang pertama ialah kehandalan Anda dalam memecahkan masalah. Anda harus menjadi cekatan untuk menemukan jalan keluar. Tentu saja orang yang mampu melukannya adalah mereka yang terlatih.

Berpikir kritis

Selanjutnya berpikir kritis-pun jadi nilai tambah yang membuat perusahaan tertarik. Beberapa sumber bahkan menyatakan bahwa perusahaan kian terkesan dengan pekerja yang berani mengeluarkan pendapat.

Kreatif

Anda juga diwajibkan untuk mampu melihat sisi kreatif dari tiap permasalahan. Tidak harus dikhawatirkan karena pada dasarnya semua memiliki nilai jual. Anda juga harus mulai terbiasa belajar secara tim. Karakter ini bakal banyak dimiliki oleh fresh graduate.

Orientasi pada peningkatan

Orientasi pada peningkatan menjadi skill yang juga dibutuhkan. Ketika Anda terfokus pada tujuan awal. Tentu saja lingkungan kerja menjadi tempat menyenangkan. Pasalnya, akan muncul banyak pendapat untuk menghasilkan keputusan.

 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp