Siapkan Waktu yang Tepat Bertanya Soal Gaji Saat Wawancara

Indonesia Satu Manajemen,
14 Mei 2022 - 18:21

Pada proses wawancara kerja di Qatar, kandidat akan mendapatkan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan sendiri. Gunakan peluang itu sebagai cara menunjukkan minat pada pekerjaan dan perusahaan. Selain itu, bisa juga mendapatkan gagasan lebih baik tentang pekerjaan dan karir masa depan.

Namun di momen tersebut bukan saatnya bertanya tentang gaji dan tunjangan. Akan lebih baik bila ajukan pertanyaan bagus seperti di bawah ini:

Keterampilan dan pengalaman apa yang ideal untuk perusahaan?

Kemampuan apa yang dianggap perlu agar berhasil dalam peran ini?

Apa saja hal-hal favorit yang ada di sini?

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk mengetahui soal gaji dan apa saja kiat agar menaklukkan tahap ini?

  • Pembahasan gaji dna tunjangan selama proses perekrutan

Di Qatar, sebagian besar iklan pekerjaan tidak memiliki indikasi gaji. Karena itu, proses perekrutan dilalui oleh kandidat tanpa mengetahui dengan pasti apa yang ditawarkan perusahaan. Namun biasanya, itu dapat diketahui melalui riset online.

Perihal gaji dan tunjangan dibahas menjelang akhir proses akhir. Oleh sebab itu, ketahui dahulu melalui mantan karyawan atau riset sebelum memutuskan pergi wawancara. Di lain sisi, ketika sudah dinyatakan diterima, perusahaan baru memberi tahu apa yang selama ini membuat calon penasaran.

Karena tawar menawar adalah bagian dari budaya di Qatar, negosiasi soal gaji dan tunjangan adalah hal wajar. Pertimbangkan pula dengan keterampilan, kualifikasi yang dimiliki sebelum memutuskan bernegosisasi. Selain itu, tanyakan juga tentang asuransi, waktu istirahat, dan jenis kompensasi lain yang mungkin diterima.

  • Kiat wawancara kerja di Qatar

Proses interview menghubungkan Anda dengan tim rekruitmen secara langsung. Inilah saatnya menunjukkan nilai dan mempromosikan diri. Tapi sebelumnya, lakukan riset terlebih dahulu tentang perusahaan, baik mengenai proyek, produk hingga para pesaingnya. Gunanya untuk mengetahui reputasi serta track record.

Kemudian kenakan pakaian yang pantas serta sopan, sehingga bisa menunjang penampilan profesional. Buat kesan pertama baik dengan tampilan rapi, sikap ramah, percaya diri dan rendah hati. Tidak lupa ajukan pertanyaan mendalam ketika diberi kesempatan bertanya guna menunjukkan kesungguh-sungguhan. Di akhir, kirim ucapan terima kasih lewat email sebagai bentuk menghargai.

  • Wawancara melalui telepon/online

Setelah melamar pekerjaan di Qatar, tim sumber daya manusia akan menghubungi kandidat yang dinilai memenuhi kriteria. Ini adalah proses penyaringan dasar yang memungkinkan perusahaan memverifikasi CV.

Namun jika Anda berada di luar negeri, proses wawancara dilakukan melalui sambungan telepon atau online. Adapun perangkat yang digunakan biasanya yakni Skype atau FaceTime. Maka sebagai persiapan, pastikan daya ponsel atau laptop terisi penuh. Selanjutnya, temukan tempat yang tepat agar nyaman dengan sinyal bagus. Lanjutkan dengan berbicara perlahan, tetap tenang, nada ramah serta profesional.

 

Itu dia kiat menanyakan negosiasi gaji hingga wawancara langsung atau lewat online. Nikmati setiap prosesnya, ya. 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp