Punya Rencana Kerja di Dubai, Pahami 3 Poin Berikut

Indonesia Satu Manajemen,
16 Mei 2022 - 1:36

Selama bertahun-tahun, pasar kerja Dubai berkembang pesat dan menjadi salah satu tujuan pekerjaan teratas bagi pencaker global. Beberapa bidang yang terus menerus membuka kesempatan kepada siapapun, antara lain arsitektur, teknik, IT, kesehatan, minyak & gas, penjualan & pemasaran, asuransi dan masih banyak lagi lainnya.

Pasar kerja di Dubai dibanjiri dengan peluang, namun demikian proses rekruitmen tidak semudah itu. Oleh sebab itu, sebelum mulai pencarian, penting memahami situasi negara/kota tujuan dan faktor-faktor yang memainkan peran penting dalam pertumbuhan. Perlu juga dicatat bahwa Dubai memiliki pasar multibahasa yang sangat dinamis, mudah diadaptasi oleh penduduk asli maupun eksptariat.

  • Pahami pasar dengan baik

Pasar kerja di kota ini sangat kompetitif dan ekspatriat merupakan populasi utama. Namun setelah pengenalan kebijakan Emiratisasi, sebagian besar perusahaan telah mulai memberikan preferensi kepada kandidat lokal. Tentu saja kebijakan ini tidak berdampak pada pencarian kerja tenaga kerja asing.

Mempelajari pasar kerja membantu memahami tentang peluang dan membangun jaringan. Di lain sisi juga membantu dalam mengambil keputusan berdasarkan realita market.

  • Temukan perusahaan yang tepat

Saat mencari pekerjaan di Dubai, usahakan melalui web asli. Hindari percaya terhadap perusahaan yang bahkan belum memiliki nama domain sendiri. Ketika berencana menitih karir di luar negeri satu hal yang perlu diingat yakni reputasi tempat kerja.

Oleh karena itu itu, baca ulasan perusahaan secara online dan cari informasi sedetail mungkin. Perhatikan baik-baik tentang track record. Jika mereka meminta uang, baik biaya pendaftaran atau administrasi, maka waspadalah. Sebab rekruitmen yang sah tidak dipungut biaya sepeserpun. 

  • Persiapkan dokumen dan ketahui tahapnya

Pertama yang perlu dilakukan yakni membuat resume yang sesuai dengan standard UEA. Ini sangat penting bagi mereka yang mencari pekerjaan di Dubai. Pastikan agar dokumen utama ini dialamatkan pada perusahaan yang ingin dilamar.

Kedua, sertakan sertifikat pengalaman, salinan yang dibuktikan dari UEA dan dokumen terkait lainnya. Ketiga, lampirkan foto ukuran paspor dan sebutkan informasi pribadi di bagian atas resume.

Selain dari tips di atas, masih ada lagi informasi lainnya yang perlu Anda ketahui. Akan dibahas pada artikel selanjutnya!

 

 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp