Punya Perusahaan BUMN, Arab Saudi Raup 4 Keuntungan

Admin,
4 Februari 2022 - 21:10

Dengan menciptakan Badan Usaha Milik Negara, Arab Saudi memperoleh banyak pengaruh di industri penting, terutama yang menyangkut sumber daya alam. Hasilnya adalah kekayaan luar biasa yang dihasilkan oleh Kerajaan.

Diperkirakan bahwa cadangan minyak mentah Arab Saudi merupakan yang terbesar di dunia. Pemerintah bahkan bisa menghasilkan sekitar 10,7 juta barel minyak per hari. BUMN juga memberikan beberapa keuntungan ekonomi penting lainnya terhadap negara ini.

  • Manfaat finansial

Cadangan minyak Arab Saudi menyumbangkan sebagian besar PDB. Secara finansial, pemerintah mendapatkan pemasukan miliaran dolar per harinya dalam industri tersebut. Maka tidak heran bila kondisi keuangan negara tidak perlu diragukan lagi.

Peningkatan Pemantauan

Karena pemerintah Arab Saudi melakukan kontrol dan pengaruh luas terhadap BUMN, maka mereka memiliki kemampuan yang jauh lebih besar untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan setiap perusahaan. Selain itu juga monitoring peran Badan Usaha Milik Negara dalam sektor global, baik itu minyak bumi, mineral dan transportasi lebih mudah dilakukan.

  • Peningkatan Kapasitas

Salah satu alasan pemerintah memulai BUMN adalah minimnya pengetahuan dan kapasitas untuk mengembangkan sumber daya alam yang kritis. Misalnya, beberapa perusahaan minyak di Amerika awalnya membantu Saudi Aramco hingga berhasil. Kemudian Arab Saudi mengembangkan kompetensi ini sendiri dengan mengurangi ketergantungan pada mitra asing, salah satunya yakni melalui pelatihan sumber daya manusia mumpuni.

  • Kecepatan ke pasar

Industri swasta seringkali digunakan untuk mengembangkan sektor yang kritis. Arab Saudi mengembangkan BUMN untuk membangun peran penting di berbagai bidang dan meningkatkan perekonomian dengan cepat. Contohnya yakni pendirian Industri Militer Milik Negara pada tahun 2017 turut membantu mengembangkan produk dan layanan militer kelas dunia.

 

Melalui BUMN Arab Saudi mampu menciptakan perekonomian yang stabil. Penyerapan tenaga kerja juga dilakukan secara besar-besaran setiap tahunnya guna pengolahan sumber daya manusia lebih baik. 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp