Peluang Bidang Telekomunikasi dan Teknologi Informasi di Arab Saudi, Tenaga Kerja Asing Siapkan Skill

Admin,
4 Februari 2022 - 18:18

Melalui National Transformation Program 2020 and Vision 2030, Arab Saudi menjabarkan tujuan dan pedoman khusus untuk mencapai peningkatan perekonomian melalui berbagai sektor. Negara ini tengah dalam proses transisi menuju ekonomi yang lebih beragam dengan mendukung industri kecil hingga menengah, di samping minyak.

Arab Saudi meningkatkan pengembangan di sektor telekomunikasi dan teknologi informasi sebagai bagian dari reformasi diri menuju masyarakat lebih modern. Lantas, bagaimana peluang bekerja di bidang tersebut untuk pekerja asing?

Teknologi Informasi di Arab Saudi berperan sebagai pemimpin dalam konektivitas dengan minat ekspansi dan peningkatan. Negara telah menggunakan 5,7 juta koneksi sel dan lebih dari 4 juta saluran tetap menggunakan serat optik, kabel coaxial, relay radio microwave dan jaringan kabel bawah laut.

Jaringan tersebut terhubung ke beberapa negara lain, termausk Amerika Serikat, Eropa, Asia dan bagian Timur Tengah lainnya. Konektivitas dan teknologi komunikasi dengan langganan sel meningkat pesat. Hal ini turut membangun perekonomian yang berkelanjutan, serta pertumbuhan populasi berkontribusi terhadap lonjakan permintaan siaran dan internet pula.

Dengan sekitar 17,4 pengguna internet pada tahun 2014, Arab Saudi berencana meningkatkan presentase pengguna dari 64% menjadi 85% pada tahun 2022. Juga meningkatkan layanan penyiaran dan broadband di seluruh negara sebagai bagian dari Visi 2030.

Kini negara tersebut tengah memfokuskan dalam bidang-bidang termasuk, pengembangan perangkat keras dan lunak, ketentuan layanan broadband, teknologi telekomunikasi, sistem perangkat lunak jaringan, sistem dan pendidikan teknologi satelit, pelatihan teknologi informasi, serta layanan pemeliharaan dan perbaikan. Bidang-bidang tersebut juga berbanding lurus dengan kebutuhan tenaga kerja.

Kerajaan juga membuka kepada siapapun, termasuk tenaga kerja asing untuk bergabung dengan sektor yang ada di Arab Saudi. Namun demikian, lowongan yang dibuka disesuaikan dengan skill dan latar belakang pendidikan.

 

 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp