Nikmati Waktu Libur Kerja Di Cina Sembari Merayakan Festival Pertengahan Musim Gugur

Admin,
8 Mei 2022 - 22:4

Setiap tahun, pada tahun ke-15 bulan ke delapan dalam kalender Cina merupakan hari besar. Keluarga berkumpul bersama untuk makan malam, buah-buahan bulat seperti pir, anggur, delima dan sebagainya turut meramaikan. Pertunjukan tradisional digelar, lentera dimana-mana dan tentu saja, kue bulan yang lezat.

Yap, itu semua adalah rangkaian hari terpenting kedua setelah Tahun Baru Imlek yakni Festival Bulan. Saat kamu memutuskan bekerja di Cina, kesempatan bagus untul turut merayakan. Ketahui detailnya berikut ini, yuk!

  • Tradisi menyembah bulan

Secara tradisional, pada Festival Pertengahan Musim Gugur, orang Cina menikmati bulan bersama keluarga karena mereka percaya itu adalah simbol reuni sanak famili. Ibu memasak di rumah dan semuanya menikmati kudapan lezat atau makan bersama di restoran populer.

Setelah makan malam, keluarga mengeluarkan buah-buahan, kue bulan, dupa dan lilin di luar rumah menghadap ke bulan. Mereka percaya, menyembah bulan sama halnya dengan mengharapkan keberuntungan, seperti panen dan usaha lancar. Sayangnya, tradisi penyembahan ini tidak lagi dilakukan, bahkan sangat jarang ditemui di kota-kota besar Cina, hanya kota tua atau wisata saja.

  • Menatap bulan

Orang-orang suka menemukan tempat yang menawarkan pemandangan indah dengan cahaya bulan terang, seperti tepi sungai, atap atau bahkan gunung. Bulan purnama pada hari itu tampak bundar seolah menyuguhkan pesona keberuntungan. Keluarga berkumpul dan musik menyala.

Biasanya pasangan-pasangan di Cina memanfaatkan momen untuk menggelar pesta pernikahan. Menurut cerita legenda Cina, Hou Yi dan Change bersatu kembali pada pertengahan musim gugur. Oleh sebab itu, masyarakat percaya bila pasangan berdoa kepada bulan akan memiliki hubungan bahagia dan damai.

Jadi, bagi kalian yang bekerja di Cina, ini adalah momen bagus untuk menikmati waktu libur dan refreshing. Selamat berlibur!

 

 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp