Musim Semi di Jepang, Surga Bagi Pecinta Kuliner

Admin,
7 Mei 2022 - 18:49

Tinggal atau berkunjung ke Jepang kurang lengkap bila tidak mencicipi ragam kuliner lezatnya. Negara ini memiliki lingkungan bersih dan wisata terkenal hingga ke pelosok dunia. Bahkan wisatawan internasional selalu suka dengan kudapan khas yang disuguhkan. Bagaimana tidak, hampir semuanya unik dan memiliki citarasa lezat.

Apalagi saat musim semi tiba! Deretan makanan khas yang lezat menggugah selera bisa ditemui hingga ke sudut kota. Sebagian hampir tidak ditemukan di hari-hari biasa karena ini merupakan musim yang ditunggu-tunggu. Seperti deretan berikut!

  • Sakura

Sakura merupakan bunga yang mekar di musim semi. Anda bisa mengenalinya dengan mudah karena warna pink atau motif yang berbeda. Jika berada di Jepang dari bulan Maret hingga Mei, maka akan menemui ragam produk rasa cherry blossom.

Kudapan yang tidak boleh dilewatkan dengan rasa sakura, antara lain mochi,kue beras dengan isian kacang merah dibungkus acar daun sakura. Kudapan penutup tradisional sederhana juga diselingi dengan minuman rasa sakura, seperti teh, milkshake, soft drink dan lain sebagainya.

  • Buah

Buah yang seringkali dipasangkan dengan sakura adalah stroberi atau dikenal sebagai ichigo, produk musim semi populer Jepang. Kudapan ini bisa dinikmati dengan segar atau bahkan diolah menjadi ragam kuliner menarik.

Variasi khas dan lezat menggunakan stroberi sebagain bahan utamanya adalah Ichigo Daifuku. Ialah adonan kue beras ditumbuk kemudian diisi dengan pasta kacang manis.

  • Sayuran

Selain buah-buahan, beragam sayuran kini tersedia. Berlimpahnya tanaman dan disulap menjadi hidangan juga mencerminkan awal baru musim semi. Beberapa yang populer yakni kecambah bambu yang bisa langsung dimakan atau diasamkan. Ada pula butterbur, wasabi mustard, nanohana, coltsfoot. Semuanya disajikan dalam berbagai cara atau digoreng dalam adonan untuk membuat Sansai Tempura.

  • Seafood

Tidak hanya apa  yang berasal dari tanah, bahkan hasil olahan laut Jepang ketika musim semi juga bertambah. Moluska seperti tiram adalah makanan lezat yang populer di musim tersebut. Biasanya dicampur dengan kaldu, sup dan nasi.

Spesian ikan tertentu, seperti Sweetfish (Ayu), Grunt (Isaki) dan Flounder (Makogarei) dianggap sebagai hidangan paling menonjol dalam menu musiman. Penyajiannya bun beragam, ada yang direbus hingga digoreng.

Kuliner Jepang selalu menggugah selera. Apalagi ketika musim semi, maka semua kudapan unik bisa Anda rasakan.

 

 

 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp