Mudah! Proses Melamar Pekerjaan di Qatar Sama Seperti di Indonesia

Indonesia Satu Manajemen,
12 Mei 2022 - 2:33

Sebagai salah satu negara terkaya di kawasan Timur Tengah, Qatar berusaha mengembangkan sektor minyak dan gas dengan cara membuat investasi di bidang real estate, konstruksi, kesehatan, hiburan, dan lain sebagainya. Contohnya seperti baru-baru ini, yaitu dibukanya Mall of Qatar pada bulan Desember tahun lalu. Tujuannya untuk meningkatkan sumber daya manusia.

SDM yang telah dikelola berkat Mall of Qatar bekerja dalam bidang berbeda-beda, antara lain retail, kuliner, hiburan, dan masih banyak lagi lainnya. Meskipun negara menyerap banyak tenaga kerja lokal, namun juga membuka lebar bagi TKA yang ingin mengembangkan karir. Walau bagaimanapun Qatar juga merupakan negeri damai menurut Global Peace Index.

Kombinasi prospek masa depan dan lingkungan yang bersih serta aman membuat negara tersebut populer sebagai destinasi, baik untuk bekerja maupun liburan. Selain dari faktor-faktor tersebut, menemukan pekerjaan di sini juga terbilang cukup mudah. Terlebih tersedia banyak lowongan kerja, mulai dari part hingga full time.

Proses melamar pekerjaan di Qatar sama seperti di negara manapun. Pertama, cari lowongan menarik yang sesuai minat. Perlu diketahui bahwa sebagian besar yang diiklankan menggunakan Bahasa Inggris. Kemudian barengi juga dengan membuat surat lamaran berbahasa serupa. Itu artinya mereka merupakan perusahaan asing yang terbuka untuk TKA.

Kedua, siapkan aplikasi. Ini melibatkan CV dan surat pengantar menarik. Curiculum Vitae harus menyoroti keahlian dan pengalaman. Ada dua hal yang ditekankan biasanya, yakni tetaplah jadi profesional, dan informasi mengenai diri sedikit lebih panjang serta rinci. Selanjutnya, pastikan telah terformat dengan baik.

Jika aplikasi berhasil, tunggu hingga mendapatkan panggilan telepon untuk lanjut ke tahap selanjutnya. Biasanya berupa obrolan singkat yang berfungsi sebagai pengenalan. Setelah itu, ikuti proses wawancara. Apabila kandidat berada di luar negeri, bisa dilakukan melalui telepon atau email. Untuk pekerjaan yang kompetitif diminta melakukan interview kedua dengan manajemen senior.

Ketiga, menerima tawaran kerja. Pada tahap ini Anda diminta mendiskusikan rencana kerja. Sementara bagi yang belum mendapatkan informasi lanjutan, artinya harus mencoba di lain kesempatan.

 

Jadi, alur melamar kerja hingga proses seleksi pekerjaan di Qatar sama dengan di negara lain, seperti Indonesia. Untuk mempersiapkan menghadapi tes, alangkah lebih baik review soal perusahaan dan pelajari bidang yang hendak diuji. 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp