Melalui BUMN, Arab Saudi Berharap Dongkrak Perekonomian Bersama Tenaga Ahli

Admin,
4 Februari 2022 - 21:8

Banyak perusahaan yang tertarik melakukan bisnis dengan Arab Saudi atau mereka yang sudah memiliki kepentingan usaha di Kerajaan. Terlebih bagi yang telah memahami perusahaan milik negara tentu memainkan peran kunci dalam mengembangkan kemitraan bisnis yang strategis.

Seperti halnya dengan di Indonesia, Arab Saudi juga memiliki Badan Usaha Milik Negara yang memfokuskan pada perusahaan-perusahaan penyokong bagi kemakmuran masyarakat dan pengembang perekonomian. Lantas bagaimana konsep BUMN di sana dan apa pengaruhnya bagi penyerapan tenaga kerja?

  • Apa itu Badan Usaha Milik Negara

Badan Usaha Milik Negara ialah suatu badan yang dibentuk oleh pemerintah melalui cara hukum, sehingga dapat mengambil bagian dalam usaha komersial. BUMN biasanya dibuat oleh negara-ngara yang ingin fokus terhadap sumber daya alam dan sektor ekstraksi. Dengan demikian mereka bisa membangun kapasitas negara untuk berpartisipasi dalam bidang yang berpotensi.

Di wilayah dengan pasokan sumber daya alam melimpah, seperti minyak dan gas, negara memiliki saham di perusahaan yang memproduksi barang-barang ini secara lokal. BUMN juga menawarkan lisensi operasi untuk membentuk kemitraan dengan negara-negara seluruh dunia. Kerja sama ini menghasilkan pendapatan berdasarkan pembagian produksi atau dengan royalti.

  • BUMN di Arab saudi

Ketika BUMN dikelola dan digunakan dengan baik, maka akan mendorong pembangunan ekonomi dan pertumbuhan yang solid. Arab Saudi adalah salah satu dari 20 negara dengan perekonomian terbaik di dunia. Sementara cadangan minyaknya yang besar menghasilkan kekayaan.

Negara tersebut semakin mendiversifikasi perekonomiannya. Untuk mendorong pertumbuhan dan pembangunan, pemerintah Arab Saudi menciptakan banyak BUMN signifikan selama bertahun-tahun. Beberapa yang terkenal, antara lain:

-          Saudi aramco, perusahaan minyak terbesar di dunia

-          Saudi Basic Industries Corporation (SABIC)

-          Saudia, maskapai nasional Kerajaan

-          Saudi Railway Company )SAR), perusahaan kereta api nasional

-          Saudi Arabian Military Industries (SAMI), industri militer

-          Saudi Aerospace Engineering Industries (SAEI), industri teknik dirgantara

-          National Agricultural Development Company (NADEC), perusahaan pengembangan pertanian.

Banyaknya perusahaan BUMN yang dikembangkan oleh Arab Saudi diharapkan mampu mendongkrak aktivitas sumber daya manusia. Dalam hal ini, pemerintah juga bekerja sama dengan negara lain untuk mengirimkan tenaga kerja berkemampuan atau memiliki skill. Ada beberapa tahap yang perlu dilakukan untuk calon pelamar, namun yang terpenting adalah kemampuan yang disesuaikan dengan latar belakang pendidikan.

 

Tenaga-tenaga ahli tersebut nantinya bekerja di berbagai sektor Badan Usaha Milik Negara Arab Saudi. Kemudian turut membangun tujuan perekonomian di sana, yang mana juga mempengaruhi laju pertumbuhan ekonomi dunia

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp