Kesalahan yang Sering Terjadi Pada Penyusunan CV

Indonesia Satu Manajemen,
10 Mei 2022 - 20:14

CV atau curiculum vitae adalah persyaratan yang harus dicantumkan saat melamar pekerjaan. Seperti yang sudah diketahui bahwa ia bukan hanya sekedar informasi mengenai data diri. Pendidikan, pengalaman, sekaligus skill yang Anda miliki. Melainkan satu bentuk yang biasanya digunakan perusahaan untuk menerima karyawan. Berhubung perannya cukup krusial dalam rangka pendapat pekerjaan. Maka, sudah menjadi keharusan ketika dlam penyusunannya diperhatikan beberapa poin. Sebab, banyak sumber yang mengungkapkan bahwa kesalahan CV sering membuat perusahaan tidak melakukan pemanggilan intrview pada calon pekerja. Nah, apa saja kesalahan yang sering terjadi pada pembuatan CV? Berikut mengenai penjelasan singkatnya:

Penjelasan terlalu panjang

Kesalahan pertama adalah penyusunan CV yang terlalu panjang. Bukan berarti tidak boleh menjelaskan tentang diri Anda. Namun, cukup tulis intinya. Berbeda lagi ketika Anda sudah masuk interview. Boleh saja Anda menjelaskannya secara lengkap tentang pengalaman kerja dan lainnya.

Kesalahan pada foto

Selanjutnya kesalahan pada foto. Mulai dari salah posisi sampai dengan foto yang tidak terlalu jelas. Ingat, posisi foto harus sesuai untuk mempermudah penilaian perusahaan atas visual calon pelamar kerja. Lebih baik ketika Anda mencantumkan foto terbaru.

Sedikit informasi

Kebalikan dari poin pertama. Anda juga tidak boleh memaparkan informasi yang terlalu sedikit. Usahakan untuk tetap melakukan keseimbangan dalam penulisan CV.

Info salah

Kesalahan yang tidak kalah fatal adalah pencantuman informasi yang salah. Misalnya saja, pencantumpan tahun pendidikan yang keliru dan poin lain.

 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp