Jadi Dokumen Paling Penting, Apa Itu Paspor dan Bagaimana Sejarahnya?

Indonesia Satu Manajemen,
14 Januari 2022 - 22:34

Bekerja hingga kunjungan ke luar negeri membutuhkan dokumen penting, salah satunya yakni paspor. Dewasa ini, berkas tersebut bukanlah hal umum lagi karena generasi milenial makin tertarik bepergian ke negara lain.

Sementara bagi pencari kerja yang mengincar negara asing sebagai perantauan, ini merupakan dokumen paling tidak main-main karena menentukan kemanan, keselamatan dan identitas. Namun demikian, sebagian dari mereka kurang paham tentang paspor. Maka dari itu, semak ulasannya berikut ini!

  • Pengertian paspor

Paspor merupakan buklet kecil yang digunakan untuk perjalanan. Berkas tersebut dikeluarkan oleh pemerintah untuk warganya. Gunanya yakni memverifikasi kewarganegaraan dan identitas dari pemegangnya saat berkunjung ke negara lain.

Di dalamnya berisi nama, tempat dan tanggal lahir, tanggal penerbitan, kadaluwarsa, foto, tanda tangan dan nomor paspor. Sama halnya dengan visa, paspor juga memiliki banyak macam tergantung dari fungsinya.

Data yang tertulis di dalam paspor haruslah yang sebenar-benarnya. Di samping itu juga harus berada di lokasi dan zona tertentu, sehingga bisa dibaca secara elektronik. Tidak perlu khawatir bisa dipalsukan, sebab dokumen ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan.

  • Awal mula paspor

Dokumen berharga ini sudah ada sejak zaman Alkitab. Masyarakat memiliki surat pananda tingkah laku guna aman saat bepergian. Nama Paspor sendiri pertama kali muncul dikenal sejak 450 Masehi pada kisah Nehemia. Lantas, seorang Eropa yang tidak lain ayah Marco Polo menerima jaminan keamanan dari Kubilai Khan di abad ke-13.

Sampai akhirnya, paspor modern dikeluarkan dan disahkan oleh Raja Henry V pada tahun 1540. Kala itu hanya digunakan sebagai dokumen identitas. Sedangkan mulai resmi untuk perjalanan internasional di awal abad ke-20.

Berawal dari Inggris yang merupakan hasil dari Kebijakan Status Warga Asing pada tahun 1914, paspor modern lahir. Sampai di tahun 1920, Liga Bangsa-Bangsa (LBB) mengadopsi format itu sebagai izin serta jaminan kemanan untuk perjalanan internasional.

Sekarang sudah mengerti apa itu paspor dan bagaimana sejarahnya, ya. Oleh sebab itu, jangan pernah ketinggalan membawa kemanapun Anda pergi dan pastikan bebas penyalahgunaan.

 

 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp