Ingin Lolos Seleksi Administrasi Perusahaan di Arab Saudi? Ketahui Dulu Tips Menulis CV Berikut!

Admin,
8 Februari 2022 - 0:30

Dalam upaya untuk mengakhiri ketergantungan ekonomi pada minyak, Kerajaan Arab Saudi mendorong lebih banyak perempuan untuk memasuki dunia kerja. Laporan terbaru dari data Kementrian Perburuhan dan Pembangunan Sosial mengungkapkan bila jumlah wanita yang telah bekerja di sektor swasta melonjak sebesar 30% dalam empat tahun terakhir.

Pintu-pintu pekerjaan semakin terbuka lebar untuk mereka. Itulah alasannya, Anda perlu memikirkan ulang bagaimana caranya membuat CV yang benar dan berbeda. Lantas seperti apa perusahaan di Saudi Arabia menilai curiculum vitae?

  • Sesuaikan CV dengan keterampilan relevan

Dalam curiculum vitae, pelamar diminta untuk mencantumkan skill yang dimiliki. Bukan hanya sekadar tulisan, juga disertai dengan kemampuan yang dipunya. Namun demikian, semua harus dituliskan sesuai fakta, bukan sesuatu yang dibuat-buat.

  • Pelajari persyaratan

Menyesuaikan CV adalah cara pasti untuk meningkatkan respon dari perusahaan. Oleh sebab itu, pastikan pelajari setiap iklan atau informasi serta periksa persyaratan. Sesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Beberapa yang perlu dicantumkan, yakni pengetahuan bahasa tambahan, program komputer yang dikuasai, pengalaman organisasi hingga keterampilan pribadi.

  • Tetap berpegang pada pedoman penulisan dasar

Elemen visual, seperti jenis, ukuran dan gaya font dapat membantu memberikan kesan baik. Gunakan margin, indents dan bullets untuk tampilan lebih terstruktur. Pilih jenis teks yang jelas dan hindari yang berlebihan atau sulit dibaca. Lantas gunakan ukuran normal, yakni 12. Penting pula memberikan ukuran besar pada judul atau sub agar lebih terlihat.

  • Cantumkan pengalaman kerja

Pengalaman kerja penting untuk mendapatkan pekerjaan. Maka dari itu, cantumkan pekerjaan apa saja dan di mana yang telah dilalui. Sertakan dengan deskripsi pekerjaan guna memudahkan tim menyesuaikan posisi yang diperlukan dengan pengalaman tersebut.

  • Tambahkan surat pengantar

Ini adalah kecenderungan umum di Arab Saudi untuk pelamar pekerjaan. Akan lebih baik dan sopan bila mengirimkan email bersamaan dengan surat pengantar. Satu halaman cukup bertujuan untuk memperkenalkan diri secara ringkas beserta pengalaman dan kemampuan. Pastikan tidak lebih dari satu halaman agar mudah diingat.

 

Memoles CV secara terstruktur dan jelas bisa menarik perhatian tim rekruitmen. Hal ini juga memudahkan Anda untuk lolos ke jenjang berikutnya. 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp