Ingin Kerja di Qatar? Ketahui Dulu Proses Kualifikasi Hingga Kesepakatan Kontraknya!

Indonesia Satu Manajemen,
14 Mei 2022 - 18:4

Beberapa perusahaan di Qatar meminta kandidat untuk melaksanakan tes atau penilaian selama proses rekrutmen. Ini sering terjadi jika melamar pekerjaan yang membutuhkan pengetahuan khusus atau instansi pemerintah.

Sebagai contoh, Teach for Qatar mengharuskan semua pelamar mengambil tes pengetahuan subyek sebelum wawancara. Jika berhasil, kemudian diundang ke tahap penilaian guna melakukan serangkaian tugas. Sementara itu, materi tes dan tugas yang diberikan berbeda-beda tergantung dari pekerjaan apa yang dilamar.

Misalnya, instansi pemerintah meminta kandidatnya mengikuti tes bahasa dan analisis perilaku. Sementara bidang keuangan menekankan pada tes numerik dan penalaran online. Demikian pula, industri kreatif yang meminta portofolio, mulai dari menulis artikel, desain dan lain sebagainya.

  • Kualifikasi di Qatar

Agar bisa bekerja di Qatar, semua kualifikasi harus disetujui oleh Kemetrian Luar Negeri. Ini termasuk gelar universitas dan pengalaman profesional. Selain itu, juga harus disahkan melalui kedutaan serta mendapatkan surat dari universitas sebagai rekomendasi.

  • Proses setelah wanwancara

Jeda waktu proses wawancara ke tahap berikutnya biasanya beberapa minggu. Bagi yang lolos akan dikabarkan langsung oleh perusahaan. Sementara itu, proses rekrutmen penuh dari aplikasi hingga penawaran membutuhkan waktu sekitar satu bulan, kecuali jika posisi perlu segera diisi.

Bagi calon tenaga kerja asing akan menerima tawaran pekerjaan melalui email. Ini harus mencakup tinjauan singkat tentang ketentuan-ketentuan kontrak. Akibatnya perlu mulai menegosiasikan gaji dan tunjangan.

  • Proses tanda tangan kontrak dan kesepakatan

Setelah menerima tawaran pekerjaan dan menandatangani kontrak, ada beberapa formalitas yang harus dilalui saat memulai pekerjaan. Pertama, bos harus mengajukan permohonan izin tinggal. Bagi TKA diminta untuk datang ke Qatar dengan visa sementara terlebih dahulu. Kemudian menyelesaikan proses aplikasi.

Kedua, selesaikan semua dokumen tentang pekerjaan baru. Artinya, pekerja telah mendapatkan asuransi kesehatan swasta melalui bos. Selain itu, hukum Qatar menyatakan bahwa TKA memiliki masa percobaan enam bulan.

Nah, jadi begitulah urutan proses rekrutmen hingga diterima bekerja di Qatar. Semangat bekerja, yuk!

 

 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp