Ingin Berkarir di Arab Saudi? Perusahaan BUMN Saudia dan SAR Bisa Jadi Pertimbangan!

Admin,
5 Februari 2022 - 1:56

Arab Saudi memegang peranan besar terhadap perekonomian dunia. Berkat sumber daya alamnya berupa minyak, negara ini menjadi salah satu negeri terkaya. Untuk mendukung itu, pemerintah juga mendirikan perusahaan transportasi milik negara.

Sebagai salah satu fasilitas penting dan penyokong aktivitas masyarakat serta perekonomian, dua perusahaan milik negara berikut bisa jadi referensi Anda untuk berkarir di masa depan.

  • Saudia

Saudia dimulai sebagai hadiah dari Presiden Amerika. Didirikan pada tahun 1945 dengan mesin ganda Dakota (DC-3) yang sebelumnya diberikan oleh Presiden Franklin D. Roosevelt kepada Raja Abdulaziz.

Pada tahun 2019, Arab Saudi memiliki 150 pesawat, termasuk jet top dunia dari Airbus dan Boeing. Saudia juga mendapatkan manfaat dari diskon bahan bakar jet dari Saudi Aramco.

Sebagai maskapai penerbangan terbesar di Timur Tengah, hasil Saudia dari kuartal pertama tahun 2018 menunjukkan bahwa kapasitas tempat duduk bertambah menjadi 9%. Artinya saat ini mereka telah membawa 8,3 juta tamu per tahunnya dan beroperasi ke 89 tujuan di empat benua. Tidak hanya itu, ini merupakan transportasi utama bagi jamaah haji dan umroh.

Pada tahun 2016, Saudia juga meluncurkan anak perusahaan hingga kemudian dinobatkan sebagai The World’s Most Improved Airline pada tahun 2017 oleh SkyTrak. Masuk ke dalam rencana NTP, perusahaan berencana mengoperasikan 200 pesawat di tahun 2020.

  • Saudi Railway Company

BUMN yang didirikan pada 2006, Saudi Railway Company memindahkan 9 juta ton barang tahun lalu. Para pejabat perusahaan memberi tahu para delegasi di pertemuan Riyadh pada September 2018 bahwa mereka berencana mengubahnya menjadi pusat logistik terkenal dunia melalui jaringan yang diperluas.

Secara bersamaan, pejabat mengatakan bila SAR memiliki rencana lain yakni mengembangkan sisi penumpang dengan beberapa proyek baru, termasuk koneksi ke kota industri, Jubail di pantai timur Arab SAudi.

Perusahaan kini mampu menaikkan pertumbuhan penumpang sekitar 139% dari kuartal kedua 2017 ke 2018. Pada Maret 2019, Dewan Menteri Arab Saudi memutuskan bahwa SAR akan menjadi kereta api nasional kerajaan.

Bekerja di BUMN Arab Saudi membutuhkan skill khusus, utamanya disesuaikan dengan latar belakang pendidikan. Tunggu informasi lowongan selanjutnya ya!

 

 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp