Headhunters, Si Perekrut Profesional Siap Memilih Calon Kandidat Terbaik

Admin,
1 Maret 2022 - 23:16

Apa yang ada dipikiran Anda ketika mendengar tentang Headhunters? Jika diartikan secara gramatikal, artinya memang pemburu kepala. Namun ini adalah nama profesi yang berarti perekrut profesional. Di kota-kota besar, karir tersebut sudah mulai diterapkan guna membuka lapangan kerja serta memberikan skill. Untuk lebih jelasnya, ikuti ulasannya di bawah ini!

  • Tentang perekrut profesional

Headhunters biasanya disewa oleh organisasi untuk merekrut eksekutif atau karyawan tingkat tinggi guna mengisi posisi yang tidak pernah diiklankan. Bagi sebagian besar pengusaha, menemukan kandidat sempurna merupakan proses yang mahal dan memakan waktu.

Jadi, akan jauh lebih efisien dengan merekrut perekrut profesional. Tujuannya tentu untuk mengurangi waktu serta biaya yang dikeluarkan.

  • Tugas Headhunter

Sebagai Headhunter, tugasnya tidak hanya mengumpulkan resume, juga membantu perusahaan meningkatkan operasi dan keuntungan dengan menyeleraskan kandidat potensial paling cocok. Di saat yang bersamaan, tanggung jawab lainnya yakni membantu para pemula untuk memajukan karir mereka.

Selama proses rekrutmen, perekrut profesional akan mewawancarai kandidat guna mencari sosok yang sesuai dengan kriteria. Perusahaan mengandalkan mereka untuk menemukan orang yang dapat mengisi peran penting.

  • Kunci menjadi Headhunters sukses

Pekerjaan sebagai Headhunters akan jauh lebih baik bila memiliki jaringan profesional kuat di pasar kerja. Anda bahkan dapat memilih untuk berspesialisasi dalam industri tertentu karena mereka tentu akan menemukan kesuksesan lebih besar bila berpegang pada bidang keahlian masing-masing.

Di sisi lain, jika memiliki pikiran cepat, bertindak lincah, intuitif dan memapu mempertahankan hubungan serta berkomunikasi dengan baik, maka ini bisa menjadi jalur karir yang bagus. Meskipun tidak ada pendidikan khusus yang diperlukan untuk menjadi Headhunters, namun mereka yang telah melewati pelatihan SDM lebih memiliki keunggulan.

 

Menariknya, profesi tersebut bisa terikat oleh perusahaan atau independen. Kendati demikian, sistem penggajian dilakukan dengan dua cara, yakni dibayar dimuka sesuai kesepakatan atau menerima jumlah yang telah disepakati begitu calon berhasil dipekerjakan. Maka, berapa banyak pendapatan yang diperoleh dalam tahun tertentu tergantung pada jumlah klien dan jenis posisi yang direkrut. 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp