Gunakan Strategi Ini Untuk Peroleh Pekerjaan

Admin,
28 Februari 2022 - 3:51

Penelitian menunjukan sebesar 70% mahasiswa lulusan baru berkeinginan untuk perkerja di luar negeri. Hal ini bisa dikarena oleh penawaran atas pengalaman, gaji yang lebih tinggi, sekaligus suasana kerja berbeda. Faktor lain yang juga menunjang ketertarikan fresh graduate untuk mengadu nasib di negara orang ialah kerjasama antar dua negara.

Misalnya saja, pemerintah melakukan perpanjangan kerjasama dengan Korea Selatan. Berikutnya, ketertarikan Jepang terhadap SDM yang dimiliki Tanah Air. Belum lagi izin tenaga kerja yang kian dipermudah. Meskipun peluang yang tersedia cukup besar. Anda tidak boleh gegabah mengajukan lamaran. Lakukan strategis ini agar mendapat pekerjaan impian:

Lakukan pencarian

Langkah awal yang harus dilakukan ialah ketahui dimana Anda akan mengajukan lamaran. Jangan sampai karena ingin mendapat pekerjaan di luar negeri. Surat lamaran diajukan pada berbagai perusahaan yang notabene tidak sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Perlu dipahami bahwa salah satu syarat tak tertulis dari negara lain ialah Anda harus mempunyai ketrampilan profesional. Apalagi jika mengidamkan bekerja di Korea dan Jepang. Kedua negara ini tidak menerima pekerja asing untuk membersihkan rumah.

Fokus pada target pekerjaan

Masih berkaitan dengan trik pertama. Dimana Anda harus fokus pada tipe perusahaan yang sama. Misalnya, ketrampilan di bidang IT. Maka konsen pada perusahaan yang menawarkan posisi IT. Selain memperbesar peluang keterima. Langkah ini akan mempermudah tahap berikutnya.

Promosikan diri

Sedangkan untuk strategi yang tidak boleh dikompromi ialah keahlian Anda dalam mempromsoikan diri. Mulai dari menyusun surat lamaran dengan cara menarik. Lengkapi semua data yang dibutuhkan bahkan cantumkan keahlian secara lengkap.

Persiapkan wawancara

Langkah berikutnya siapkan mental untuk melalui tahap wawancara. Jangan terlalu khawatir dan tidak perlu bersemangat membuat pewawancara terkesan dengan jawaban yang Anda lontarkan.

 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp