Bingung Akan Mengajukan Visa, Apa yang Perlu Dipersiapkan?

Admin,
20 Januari 2022 - 19:1

Selain paspor, dokumen lain yang penting dimiliki untuk perjalanan ke luar negeri adalah visa. Berkas ini merupakan izin dan jaminan keamanan bagi warga negara yang bepergian atau tinggal di luar negeri.

Menurut laporan Passport Index Tahun 2019, ada 70 tujuan di seluruh dunia yang membebaskan visa. Tetapi umumnya, mereka mensyaratkan dokumen penting ini, apalagi jika tujuannya untuk bekerja.

Lantas, apa yang perlu dipersiapkan dan dilakukan untuk pengajuan visa?

  • Persiapkan berkas yang dibutuhkan

Dewasa ini untuk mengetahui persyaratan bisa dilakukan melalui situs resmi imigrasi pemerintah dari negara tujuan. Di sana biasanya tercantum dokumen-dokumen apa saja yang perlu dipersiapkan, termasuk formulir yang dapat diunggah.

Adapula negara yang memudahkan yakni pengajuan visa saat kedatangan atau visa on arrival. Pastikan pula untuk persiapkan biaya dan berkas resmi.

  • Persyaratan

Pengajuan visa dibarengi dengan membuktikan paspor yang disertai dengan foto, rencana penerbangan, pemesanan hotal dan surat undangan. Di awal, pengaju diharuskan mengisi formulir.

Beberapa faktor yang membuat pengajuan ditolak yakni terdapat riwayat kriminal, bermasalah dengan dokumen, punya masalah kesehatan serius, keuangan dan masih banyak lagi lainnya. Oleh sebab itu, pastikan agar semua persyaratan dilengkapi tanpa ada pemalsuan dan perkara.

  • Dokumen penting pengajuan visa

Sama halnya saat membuat paspor, pengajuan visa juga membutuhkan dokumen-dokumen penting. Masing-masing negara memiliki persyaratan yang berbeda, namun umumnya berikut berkas yang diminta:

-          Salinan halaman informasi paspor

-          Tiket pesawat

-          Bukti kemampuan finansial

-          Dua foto dengan ukuran tertentu

-          Surat undangan

-          Asuransi perjalanan

-          Biaya aplikasi visa

-          Bukti tujuan perjalanan

Lantas untuk apa surat undangan diminta? Berkas ini biasanya diminta oleh negara di Amerika Utara serta Eropa. Biasanya berisikan pernyataan dari orang yang akan dikunjungi bahwa mereka benar-benar mengundang untuk mengunjungi negara tersebut.

Dengan demikian, Anda memiliki alasan yang jelas untuk mengapa mengunjungi negara tersebut, sehingga memudahkan dalam pengajuan visa. Di samping itu hal tersebut juga semakin menjamin keamanan.

 

Berkunjung ke luar negeri apalagi untuk bekerja sebaiknya pastikan agar memiliki visa. Sebab dokumen penting ini akan menjamin keamanan dan sebagai izin resmi. 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp