Belum Banyak yang Tahu, Peran Profesi Doula Tangani Proses Kehamilan dan Persalinan Jadi Lebih Baik

Admin,
1 Maret 2022 - 23:13

Proses hamil merupakan masa-masa yang berat bagi wanita. Ada beberapa pantangan yang harus dilalui serta anjuran-anjuran yang harus dilakukan demi jabang bayi sehat. Terlebih bagi wanita karir, fokus antara pekerjaan dan kehamilan merupakan sesuatu yang cukup menyulitkan. Tidak heran bila mereka cenderung mudah stres.

Belum lagi bayang-bayang tentang hari lahir dan segala hal yang bisa membuat pikiran menjadi sulit. Tenang saja, sebab dewasa ini muncul satu pekerjaan baru yang bertugas membantu ibu hamil dan melahirkan. Ya, mereka adalah Doula.

Doula merupakan wanita yang menawarkan layanan dukungan selama proses kehamilan dan persalinan. Meskipun tidak mengambil peran medis, namun bisa memberikan dukungan berupa emosional, fisik serta membantu melakukan penelitian serta mengungkap informasi penting.

  • Layanan yang ditawarkan

Mereka biasanya menawarkan tiga jenis layanan, yakni kehamilan, persalinan dan dukungan pasca persalinan. Selama kehamilan, membantu ibu hamil menemukan penyedia layanan kesehatan, mengembangkan rencana kelahiran, mengidentifikasi lokasi persalinan dan turut membuat keputusan berdasarkan informasi lainnya.

Sedangkan saat persalinan, mereka akan berfokus pada kebutuhan emosional dan fisik ibu. Tugasnya dapat melibatkan apa saja, mulai dari memberikan camilan kesukaannya, memijat punggung selama proses kontraksi dan terus berada di samping guna mendukung serta menenangkan.

Sedangkan untuk perawatan pasca persalinan, Doula bertugas membantu sang ibu, anak dan pasangannya karena masih dalam transisi antara kehamilan dan melahirkan. Mereka mungkin menawarkan saran menyusui, melakukan tugas rumahan ringan, menyiapkan makan, bahkan hingga memeluk dan turut memberikan kasih sayang kepada bayi.

  • Manfaat Doula

Keberadaan Doula memberikan banyak manfaat. Ibu hamil dapat mengalami peningkatan semangat saat proses persalinan. Misalnya, satu studi menemukan bahwa mereka yang dibantu lebih kecil kemungkinannya memiliki bayi dengan berat badan rendah, komplikasi hingga tidak keluarnya ASI. Jadi,  keberadaan profesi ini sangatlah membantu dalam menangani masa-masa sulit selama hamil, melahirkan hingga periode post partum.

  • Syarat menjadi Doula

Untuk menjadi Doula, Anda baisanya akan menyelesaikan program pelatihan singkat. Tidak ada satu jalur pendidikan khusus tetapi beberapa organisasi menawarkan lokakarya dan sertifikat resmi, seperti DONA International serta Childbirth International. Menariknya, profesi ini juga bisa dilakukan oleh mahasiswa karena beberapa perguruan tinggi menawarkan program baik off maupun online untuk memberikan pelatihan berkualitas terkait karir ini.

 

Ketika bekerja sebagai Doula, biaya yang dibebankan pada klien tergantung oleh banyak faktor. Beberapa di antaranya mencakup tingkat pengalaman, lokaso dan jenis layanan yang diberikan. Bahkan para Doula baru memulai pekerjaa dengan menjadi sukarelawan guna membuat nama dikenal dalam komunitas maupun klien.  

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp