Bagian 2: Tips Bekerja Profesional Bidang Pengembangan Bisnis di Malaysia

Admin,
9 Mei 2022 - 1:43

Malaysia telah mengembangkan industri infrastruktur dan keuangan untuk memfasilitasi lingkungan bisnis. Ada juga pertumbuhan cepat bisa diamati dari lanskap startup. Ekonomi pasarnya yang baru diindustrialisasi guna mendukung ekosistem bisnis.

Lingkungan usaha di Malaysia yang maju membantu mengajarkan bagaimana sebuah bisnis dijalankan dan dikembangkan lebih lanjut. Sebagai lanjutan, berikut tips bekerja bidang pengembangan bisnis!

  • Identifikasi tugas yang layak diprioritaskan

Waktu kerja hanya 8 hingga 9 jam per hari. Maka hanya ada beberapa tugas saja yang bisa diselesaikan dalam waktu itu, sementara lainnya terpaksa dikerjakan esok. Sangat penting mengembangkan kemampuan seleksi guna memutuskan dengan benar mana yang perlu dikerjakan terlebih dahulu berdasarkan prioritas.

Terlebih ketika bekerja akan dihadapkan pada jobdesk luas dan beragam. Maka cara tepat untuk mengatur yakni memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

  • Tingkatkan kemampuan komunikasi

Menjadi komunikator yang baik membantu dalam lingkup profesional. Misalnya ketika berbicara dengan klien haruslah sopan dan detail. Sementara pada tingkat pertemanan lebih santai.

Berkecimpung dengan dunia pengembangan bisnis menuntut untuk berkomunikasi dengan berbagai orang, seperti prospek, klien, kolega, senior dan lain sebagainya. Agar interaksi profesional lancar harus memiliki keterampilan komunikasi verbal dan tertulis.

Sementara itu pada tingkat pribadi, keterampilan komunikasi yang baik membantu dengan mudah memulai percakapan dengan orang yang ditemui dan akhirnya menjalin persahabatan. Jadi, skill ini sangat mengesankan bagi business developer.

  • Pantang menyerah

Setiap diskusi dengan calon pelanggan terkadang tidak sesuai harapan. Dengan demikian harus bekerja sedikit ekstra sebagai pendekatan. Di sisi lain, membujuk klien membutuhkan waktu yang berlangsung selama berhari-hari.

Maka pastikan bahwa tindak lanjuti prospek secara teratur, seperti menunjukkan usaha, kesabaran, dan konsistensi. Kesemuanya merupakan kualitas penting untuk berkembang sebagai calom profesional pengembangan bisnis.

 

Melalui tips di atas membanti pengembang bisnis meningkatkan kemampuannya. Kunci utamanya yakni memiliki kemauan dan pantang menyerah. 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp