Bagian 1: Sama-sama Kuasai Perekonomian Dunia, Amerika dan Cina Punya Perbedaan Mencolok

Admin,
5 Februari 2022 - 2:3

Memulai karir di luar negeri butuh persiapan matang. Selain skill, mental dan pengetahuan tentang negara tujuan juga perlu dimiliki. Sebagian besar yang memotivasi mereka yakni memenuhi kebutuhan keluarga, mendapatkan upah lebih, kepuasan kerja, pengalaman hingga harapan tentang kenyamanan.

Tetapi perlu diingat bila setiap negara memiliki perbedaan budaya dan kebiasaan masyarakat. Contohnya Amerika dan Cina. Dua pemegang perekonomian dunia itu bahkan memiliki perbedaan dan persamaan. Anda harus tahu sebelum memutuskan datang ke sana.

  • Berkelompok dan individual

Masyarakat Cina suka berkelompok, sementara Amerika lebih memilih individual. Ini juga mempengaruhi terhadap keberhasilan. Jika di Tirai Bambu kesuksesan dianggap milik bersama, sebaliknya masyarakat Paman Sam saling berlomba-lomba bersaing. Orang Tionghoa mempertimbangkan bagaimana tindakan mereka dapat mempengaruhi kelompok secara keseluruhan daripada hanya memperhatikan diri sendiri.

  • Sistem hirarki dan merangkul semua

Hirarki sangat penting bagi mereka dan rasa hormat ditunjukkan kepada yang jabatannya lebih tinggi dalam struktur. Sedangkan perusahaan di Amerika cenderung merangkul semuanya, sehingga tidak ada sekat antara atasan dan bawahan.

Di Cina, pekerja dengan skala upah rendah tidak memiliki kontak langsung dengan atasan. Semua orang tahu tempat mereka dalam struktur dan memetahui aturan berlaku.

  • Topik percakapan                  

Orang Cina suka dengan topik pembahasan yang lebih personal, seperti tentang usia, pendapatan, status perkawinan. Mereka juga mencari konteks kesamaan agar perbincangan semakin seru. Sementara di Amerika hal tersebut sangat mengganggu dan dinilai tidak sopan.

Di sisi lain, saat di tempat kerja orang Cina menunjukkan rasa hormat terlebih dahulu sebelum memulai pembicaraan. Di Amerika tidak ada aturan apapun soal perbincangan di kantor karena semua dianggap sama.

  • Menjunjung tinggi senioritas dan tidak

Cina memperlakukan seniornya dengan cara yang berbeda dengan Amerika. Senior dijunjung tinggi dan diperlakukan sebaik mungkin baik dalam bisnis maupun kehidupan sosial. Banyak keluarga hidup dengan beberapa generasi di bawah satu atap. Berbeda lagi dengan di Amerika yang mengharapkan anaknya mandiri.

  • Cina lebih mudah bersahabat, Amerika sebaliknya

Orang Cina cenderung lebih mudah memupuk persahabatan. Mereka tidak segan saling membantu dan menceritakan lebih dalam secara personal. Itulah sebabnya dalam dunia bisnis Cina, jaringan sangat diperlukan.

Sementara orang Amerika awalnya memang terlihat akrab, tetapi sulit mengenal dalam konteks lebih dalam. Maka dalam dunia kerja, persaingan begitu sengit.

 

Tidak cukup sampai di sini, beberapa perbedaan budaya Amerika dan Cina dilanjutkan pada pembahasan selanjutnya, ya. 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp