Bagian 1: Kiat Mudah Sukses Wawancara Kerja di Dubai

Indonesia Satu Manajemen,
16 Mei 2022 - 3:23

Curiculum Vitae merupakan interaksi pertama dengan tim rekrutmen. Sementara wawancara adalah kesempatan untuk menjual keterampilan dan menunjukkan perilaku mengesankan. Sebenarnya, proses interview yang sukses ialah apa yang dibutuhkan agar mendapatkan tawaran pekerjaan.

Oleh karena itu, butuh meluangkan waktu untuk memahami bagaimana mempersiapkan wawancara kerja dan memastikan kesuksesan. Inilah yang harus dilakukan!

  • Melakukan penelitian tentang perusahaan

Persiapan wawancara harus selalu dimulai dengan mengumpulkan informmasi tentang latar belakang perusahaan, area bisnis, lokasi cabang, budaya, dan lain sebagainya. Penelitian yang tepat penting untuk menjawab pertanyaan wawancara dasar, seperti “Apa yang Anda ketahui tentang kami?” atau “Mengapa ingin bekerja di sini?”

Setiap perusahaan mengharapkan pelamar mengetahui tentang mereka. Selain itu, mengulik informasi juga membantu memahami bagaimana kebijakan serta budaya yang berpengaruh terhadap rencana karir. Untuk itu, tidak ada salahnya mengunjungi situs web resmi perusahaan atau memeriksa melalui platform media sosial, seperti Linkedln, Twitter dan Facebook.

  • Bersiap untuk berbagai jenis wawancara

Perusahaan memiliki kebijakan berbeda-beda terhadap sistem wawancara, mulai dari melalui telepon, walk interview, video, atau bahkan secara langsung. Biasanya, wawancara telepon dianggap sebagai tahap pertama untuk menyaring calon. Di sisi lain, melalui video lebih disukai untuk menghemat waktu, utamanya bagi mereka yang berada di luar negeri.

Setelah terpilih, para kandidat akan dipanggil untuk interview tahap selanjutnya. Oleh sebab itu, harus mempersiapkan diri dengan baik terhadap semua jenis wawancara tersebut. Berlatihlah menjadi pendengar yang baik dan jawab pertanyaan yang sesuai.

  • Terus berlatih

Berlatih wawancara meningkatkan kepercayaan diri, utamanya dalam menjawab pertanyaan. Maka, luangkan waktu untuk berlatih bersama anggota keluarga yang berpengalaman atau teman guna mengasah kemampuan. Saat latihan, kembangkan keterampilan bahasa tubuh, bicara dan menyimak.

 

Lanjut pada artikel selanjutnya untuk mengetahui tips sukses wawancara di Dubai, yuk! 

Lapor Pengaduan
Logo WhatsApp