6 Jenis Visa yang Jarang Dikenal, Padahal Penting Banget Lho!

Admin,
20 Januari 2022 - 19:10

Perjalanan ke luar negeri akan lebih aman dengan visa. Sebab dokumen tersebut berfungsi menjamin keamanan dan izin dari negara tujuan. Seperti yang diketahui, beberapa jenis visa mungkin familiar, namun beberapa terdengar asing. Tapi Anda juga harus tahu, apa saja?

  • Visa elektronik

Dengan sistem elektronik, semua data tersimpan dengan aman dan bebas penyalahgunaan. Visa digital tersimpan dalam database, bukan lagi ditempel pada paspor. Proses pengurusannya pun terbilang simpel dan mudah, yakni melalui situs resmi dan pemohon menerima dalam bentuk dokumen. Inilah yang ditunjukkan saat bepergian.

  • Visa pasangan

Jenis ini terbilang praktis, namun sayangnya jarang berlaku, kecuali di beberapa negara Eropa. Visa pasangan bisa dimiliki oleh pasangan yang berhubungan jarak jauh untuk mengunjungi satu sama lain.

  • Visa transit

Apabila penerbangan diharuskan transit terlebih dahulu, biasanya negara yang dijadikan tempat singgah akan meminta visa transit. Meskipun bukan tujuan negara pengunjung, namun jenis ini bisa juga diminta.

  • Visa bisnis

Visa bisnis diajukan oleh mereka yang akan melakukan kegiatan bisnis tanpa harus terikat dengan perusahaan di negara tujuan. Bisa saja digunakan untuk mereka yang sekadar menghadiri konferensi bisnis atau hal-hal yang berhubungan dengan itu. Akan tetapi syaratnya harus menunjukkan bahwa tidak menerima pendapatan dari negara tujuan.

  • Visa pengungsi

Korban perang, bencana alam, penganiayaan dan hal-hal tidak menyenangkan lain di negara asal bisa mengungsi ke negara lain, namun harus menggunakan visa jenis ini. Hal itu untuk menjamin bahwa mereka aman di negara tujuan serta menghindari risiko.

  • Visa Imigran dan non-imigran

Visa imigran dimiliki oleh mereka yang tinggal permanen di negara tuan rumah. Namun non-imigran digunakan sementara dalam periode tertentu.

 

Ketika memutuskan akan pergi ke luar negeri, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis-jenis visa yang harus digunakan. Jangan sampai salah, ya. 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp