5 Tips Meeting Satu Lawan Satu Lebih Efisien dan Bebas Membosankan

Admin,
2 Maret 2022 - 3:39

Pertemuan satu lawan satu merupakan alat manajemen yang penting, tetapi sering diremehkan. Padahal, ini adalah cara jujur untuk dapat terhubung dengan karyawan, berbagi informasi yang diperlukan dan mendengarkan tanggapan mereka.

Pentingnya lagi, juga kesempatan untuk membentuk pengalaman dan persepsi karyawan tentang Anda sebagai atasan. Berikut tips yang bisa membantu memanfaatkan waktu berharga itu!

  • Fokus pada orang ditemui

Luangkan beberapa saat untuk menjernihkan pikiran dan fokus pada orang yang akan ditemui. Lanjutkan dengan meninjau catatan, statistik kinerja terbaru dan tandai keluhan atau pujian tentangnya.

  • Jadikan sebagai jadwal rutin

Ada banyak cara mengatur pertemuan, tiap minggu, satu atau tiga bulan sekali. Namun demikian, pikirkan tentang frekuensi dan jeda agar ada banyak topik yang bisa dibahas.

Terlalu sering akan membuat kedua belah pihak bosan. Sementara sebaliknya justru membuat hubungan dengan karyawan jadi canggung. Alangkah lebih baik bila atur dengan jadwal rutin.

  • Tetapkan batas waktu

Usai menjadwalkan, kini saatnya menentukan durasi. Jangka waktu lama akan menurunkan fokus, sedangkan sebentar membuat diskusi kurang berjalan dengan semestinya.

Setidaknya sediakan waktu selama 30 hingga 60 menit per minggunya. Nantinya kalian bisa membicarakan berbagai topik dan menghasilkan diskusi menarik.

  • Membuat daftar topik

Sebuah rencana atau struktur pertemuan membantu jalannya pembicaraan. Maka tidak ada salahnya membuat daftar topik agar diskusi tetap terarah. Misalnya saja dengan menyiapkan lima hal yang paling menarik untuk dibahas. Namun demikian, tetaplah bersikap fleksibel agar perbincangan mengalir.

  • Tetap santai

Jika bermaksut melakukan percakapan yang jujur, santai dan tulus deng karyawan, tidak hanya kata dan bahasa tubuh tetapi juga menciptakan suasana senyaman mungkin. Misalnya saja memilih ruangan dengan pemandangan taman, jendela terbuka, atau out door. Ini dapat membangkitkan ide dan berpotensi memancing lawan bicara untuk mengungkapkan apapun.

Meeting satu lawan satu dengan karyawan jauh lebih efisien. Anda juga bisa meningkatkan keakraban, dekat dan mudah dalam membangun kerja sama.

 

 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp