5 Tips Kerja Aman di Arab Saudi

Admin,
5 Februari 2022 - 1:42

Mata dunia tertuju pada Timur Tengah, salah satunya yakni Arab Saudi. Negara ini memiliki sumber daya minyak mumpuni, sehingga perekonomian dapat terangkat dan menjadikannya sebagai yang terkaya.

Tapi itu juga bukan satu-satunya pendapatan mereka, melalui wisata religius haji dan umroh, negara yang dijuluki Tanah Suci itu juga mendapatkan keuntungan. Belum lagi industri lainnya, mulai dari milik pemeritah hingga swasta. Itulah sebabnya lantas beberapa negara di dunia menjalin kerjasama utamanya dalam pengolahan sumber daya manusia.

Namun demikian, perbedaan budaya dan segalanya menjadi penghalang. Tapi yang pasti, berikut ini tips yang bisa diaplikasikan saat berkarir di Arab Saudi!

  • Berpakaian sopan dan menutup aurat

Tidak ada celana dan kemeja lengan pendek untuk pria. Sementara wanita harus mengenakan abaya (jubah hitam panjang) atau pakaian longgar yang menutup seluruh tubuh. Wanita asing boleh tidak mengenakan jilbab, tetapi disarankan membawa karena polisi agama seringkali meminta untuk mengenakannya. 

  • Hindari kontak mata dengan lawan jenis

Laki-laki tidak boleh bergaul secara pribadi dengan lawan jenis yang bukan istri dan kerabat. Jika itu dilanggar, maka dapat dikenakan hukuman. Wanita biasanya memiliki area sendiri di tempat kerja dan restoran.

  • Selalu bersikap sopan dan hormat

Intinya bertingkah melebihi batas atau melakukan hal-hal yang vulgar adalah hal yang sangat tidak lumrah di Arab Saudi. Jaga sikap dengan sopan santun dan rasa hormat, seperti mengambil makanan dengan tangan kanan, berbagi dan bersalaman dengan sesama jenis apabila bertemu di jalan.

  • Alkohol ilegal

Arab Saudi tidak mentolerir siapapun yang meminum atau menjual belikan alkohol. Bagi pelanggarnya akan dihukum seberat-beratnya. Oleh sebab itu, hindari minuman ini dan Anda berhak menolak jika rekan mengajak mengadakan pesta alkohol guna menaati peraturan.

  • Semua butuh waktu

Memperoleh sesuatu yang instan utamanya dalam hal karir, jangan harap disini. Sebab Arab Suadi sangat berorientasi pada hubungan dan hanya akan bekerja dengan orang yang dipercaya. Maka dari itu, kinerja bagus dan skill sangat dibutuhkan bila ingin bertahan di dunia pekerjaan UEA.

Sebagai tenaga kerja asing, alangkah lebih baik bila menaati peraturan yang ditetapkan oleh negara tujuan. Tujuannya agar keamanan terjamin dan pekerjaan berjalan dengan baik.

 

 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp