5 Perusahaan Terbesar dan Paling Berpengaruh di Korea Selatan

Indonesia Satu Manajemen,
11 Januari 2022 - 4:54

Korea Selatan berkembang menjadi negara teknologi yang menjadi panutan di kawasan Asia. Negeri Gingseng memiliki segudang industri yang bergerak di berbagai bidang dan mampu menggerakkan dunia perekonomian lebih cepat. Tidak ayal bila mereka tetap bisa mempertahankan kedudukan sebagai macan Asia.

Faktor tersebut menjadi salah satu alasan para pencaker di seluruh dunia, termasuk Indonesia mengincar beberapa pekerjaan di sana. Tapi sebelum itu, ketahui dulu daftar perusahaan terbesar dengan nilai investasi luar biasa berikut ini sebagai bahan pertimbangan. 

  • Samsung Electronics

Samsung Electronics merupakan perusahaan teknologi terbesar di dunia berdasarkan pendapatan dan sejaun ini yang paling prestis id Korea Selatan. Didirikan pada tahun 1969, ialah bagian dari Samsung Group yang memiliki hampir 80 afiliasi.

Kelompok yang dikelolan oleh keluarga tersebut punya dampak signifikan terhadap perekonomian Korea Selatan dan telah menyumbangkan sekitar seperlima dari PDB negara. Laba perusahaan diperkirakan meningkat hingga US$ 5,9 miliar karena penjualan smartphone Galaxy.

  • Hyundai Motor

Hyundai Motor adalah produsen mobil terbesar kelima di dunia. Didirikan pada tahun 1967, perusahaan meluncurkan mobil penumpang pertama yakni Hyundai Pony pada 1976. Hingga akhirnya mereka mampu memperluas pasar hingga ke Cina dengan mencapai angka penjualan 4,06 juta kendaraan pada tahun 2011.

Pada tahun 2012, Sedan Genesis dari Hyundai dinobatkan sebagai mobil premium terbaik oleh J.D Power and Associates. Sementara Elantra disebut-sebut sebagai mobil terbaik di Amerika Utara tahun ini.

  • POSCO

POSCO merupakan perusahaan pembuat baja terbesar keempat didunia dan didukung oleh investor miliarder, Warrem Buffett. Didirkan pada tahun 1968 melalui sebuah kerja sama antara pemerintah Korea Selatan dengan produsen alat, TaeguTec.

Sejak saat itu telah diproduksi 33 juta ton baja dan memiliki usaha join dengan A.S Steel atau yang dikenal dengan USS-POSCO di California. Tahun ini perusahaan mengharapkan memulai proyek baja senilai US$ 12 miliar di negara bagian Orissa, India Timur.

  • Kia Motors

Kia Motors adalah pembuat mobil terbesar kedua di Korea Selatan dan anak perusahaan dari Hyundai Motor Group. Didirikan pada tahun 1944 sebagai produsen tabung baja dan bagian-bagian sepeda, mereka mulai membuat kendaraan pada 1957.

Penjualan Kia di Cina melonjak hingga lebih dari 30 persen pada tahun 2011. Sementara di eropa, Kia Slovakia baru saja melaporkan peningkatan 10 persen dalam enam bulan pertama 2012. Kemudian di Amerika, selling naik hampir 18 persen di tahun yang sama.

  • Hyundai Mobis

Hyundai Mobis berbasis di Seoul merupakan anak perusahaan dari Hyundai Motor Groups yang memproduksi suku cadang mobil, Di awal berdirinya pada tahun 1977 bernama Hyundai Precision Industry dan meluncurkan merek kendaraan Galloper pada tahun 90-an.

Awal tahun 2012, perusahaan menandatangani kesepakatan untuk memasuok suku cadang ke General Motors dan Chrysler senilai US$ 1,07 miliar. Selain menyediakan onderdil mobil untuk Hyundai dan Kia, Mobis juga pemasok untuk Subaru dan Mitsubishi.

Itulah deretan perusahaan terbesar dan memiliki nilai kekayaan luar biasa di Korea Selatan. Apa masih ada lagi? Lanjut ke artikel berikutnya ya.

 

 

 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp