10 Tips Kerja di Thailand, Tingkatkan Profesionalitas dan Bentuk Karakter Baik

Admin,
7 Mei 2022 - 19:9

Pengalaman kerja merupakan salah satu yang terpenting dalam hidup. Ini bisa menjadi rekomendasi apabila ingin terus mengembangkan karir. Sebab dunia profesional berbeda dengan teori yang didapat ketika duduk di bangku kuliah, maka terjun langsung ke dunia kerja sangatlah penting.

Dari sekian banyak negara tujuan job seeker, Thailand merupakan negara yang turut menjadi incaran. Negeri Gajah Putih telah membuktikan bahwa grafik perekonomiannya terus meningkat pesat. Itu semua dikarenakan berbagai sektor yang turut bekerja, mulai dari industri, teknologi, manufaktur, wisata hingga perdagangan.

Kendati demikian, bekerja di luar negeri membutuhkan penyesuaian yang tidak mudah karena perbedaan bahasa serta budaya. Tapi, Anda harus tahu bahwa bertindak aktif sangatlah disukai oleh orang-orang di Thailand. Sebagai bekal, berikut tips apa yang harus dilakukan jika memutuskan bekerja di sana.

  1. Tetapkan tujuan untuk bekerja di luar negeri. Akan lebih baik bila menyetujui tanggung jawab atas pekerjaan secara tertulis.
  2. Manfaatkan waktu transisi awal dan ajukan banyak pertanyaan.
  3. Bertemu secara teratur dengan penyelia untuk memastikan bahwa harapan bisa terpenuhi.
  4. Kesan pertama sangatlah penting. Maka jaga cara berpakaian, berbicara dan bertindaklah secara profesional.
  5. Selalu waspada dan ajukan pertanyaan tentang perilaku yang sesuai di tempat kerja sebab perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda-beda pula.
  6. Fokus pada keterampilan komunikasi, baik tertulis maupun verbal. Kemudian cermati kembali apa yang telah terlontar atau ditulis. Penting juga memilih bahasa sopan, bijaksana dan menunjukkan profesionalitas.
  7. Datang dan bekerja tepat waktu. Jika terlambat atau sakit, baiknya memberi tahu atasan.
  8. Jalin hubungan baik dengan rekan kerja dengan bersikap ramah, sopan, suka menolong dan sensitif. Juga berhati-hati untuk tidak membawa kepentingan pribadi dalam dunia kerja.
  9. Menerima tugas tanpa keluhan, menyelesaikan tepat waktu dan hasilkan pekerjaan yang berkualitas.
  10. Ketika memutuskan resign, mintalah surat rekomendasi kepada atasan dan tetap jalin komunikasi agar tetap bisa menjalin hubungan baik. 
Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp